Headline

Berita KAMMI

Agenda rutin

tsaqofah

Gerakan dakwah

Buletin Kammi

Tokoh Kita

» » » Peran Wanita di Balik Kemajuan Bangsa

Saat mendengar kata wanita, pasti yang terlintas adalah sosok yang lemah dan tak berdaya. Entah sejak kapan dan siapa orang yang melukiskan bahwa sikap wanita seperti itu. Wanita di anggap tidak mampu melakukan apa-apa, dianggap mempunyai keterbatasan kemampuan untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang melebihi kaum lelaki. 

Begitu kentalnya kesan wanita yang seperti itu di kalangan masyarakat sekarang ini. Namun sejarah tidak bisa di pungkiri bahwa sejatinya wanita mempunyai peran yang sangat penting dalam keberlangsungan kehidupan di dunia ini. Telah tercatat nama Siti Hajar, Siti Khadijah, Siti Aisyah dan masih banyak lagi wanita-wanita luar biasa yang mempunyai peran penting di belakang para kaum lelaki.  

Dengan sejarah wanita yang begitu hebatnya, mana mungkin jika di zaman sekarang ini wanita malah di anggap sebagai sosok yang lemah. Di era global seperti ini, bahkan kemampuan wanita bisa melaju dengan pesat di bandingkan dengan lelaki. Lihat saja di sekitar kita, banyak wanita-wanita luar biasa yang melakukan perannya seperti kaum lelaki. 

Para wanita tidak pernah malu, lelah atau letih melakukan pekerjaan yang seharusnya di kerjakan oleh seorang lelaki. Dunia harus mulai mengakui bahwa peran wanita di masa kini adalah sangat penting. Tanpa adanya wanita, kita bisa bayangkan bagaimana kelangsungan hidup ini. Kelembutan dan kesabaran wanita yang menjadikan dirinya luar biasa tidak akan di temukan di dalam diri seorang lelaki. 

Di zaman modernisasi saat ini peran seorang wanita, terutama seorang ibu bersifat sangat fatal. Dengan adanya segudang bahaya yang terus mengancam generasi-generasi anak bangsa membuat wanita harus bekerja ekstra untuk menjaga putera-puteri mereka. Pergaulan bebas, perusakan moral dan juga teknologi-teknologi modern yang semakin merajalela dengan segala dampak yang di bawanya akan dengan mudah merusak otak anak bangsa. 

Di sinilah peran wanita sangat di butuhkan untuk mendidik generasi-generasi muda yang akan turut membangun bangsa ini. Bagaimana sebuah bangsa akan akan maju dan berkembang jika kepribadian dan akhlak generasi-generasi muda bangsa rusak oleh hal-hal negatif yang di bawa arus zaman. Saat seorang anak terbawa oleh hal-hal negatif dan moralnya rusak, akan rusak jugalah segala segi kehidupannya. Dalam hal ini peran wanita akan di pertanyakan dan perannya akan dinyatakan gagal dalam mendidik dan membentuk moral anak bangsa.

Peran wanita harus dijalankan dengan baik dan benar, karena sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia. Jika seorang wanita menjalankan perannya dengan baik di dalam sebuah keluarga, tentunya keluarga akan menjadi keluarga rabbani. Anak-anak akan menjadi generasi muda yang mempunyai akhlak yang baik dan tentu saja harus diimbangi dengan pengetahuan luas, yang menjadikan anak siap untuk membangun bangsanya menjadi lebih baik lagi. Karena sebuah bangsa akan di lihat dari bagaimana kualitas generasi-generasi muda bangsa itu.

Dengan mengetahui peran wanita yang sangat penting saat ini, wanita seharusnya mengubah paradigma berfikir mereka yang biasanya hanya ingin berpangku tangan terhadap lelaki dengan terus untuk meningkatkan kualitas dirinya. 

Selain berusaha mendidik dan menjadikan anak supaya berhasil memiliki akhlak yang baik, wanita pun harus bisa mengeluarkan potensi-potensi apapun yang ada di dalam dirinya. Banyak dari para wanita yang malu atau bahkan enggan untuk berkontribusi terhadap kemajuan masyarakat atau pembangunan negara. 

Dengan sikap ketelitian dan ketekunan yang dimiliki wanita, seharusnya bisa mendorong wanita untuk melakukan sesuatu yang lebih berguna. Selain berguna untuk kehidupan keluarga, tentunya juga berguna untuk masyarakat.

Bisa dilihat bahwa saat ini banyak wanita yang memiliki karir cemerlang sama seperti kaum lelaki. Wanita bisa ikut berjuang untuk memenuhi keluarga dan bisa ikut memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Banyak perubahan-perubahan besar yang telah dilakukan oleh tangan-tangan ulet wanita dalam masyarakat saat ini.  Tentunya tanpa melupakan perannya yang utama sebagai ibu yang bertugas mendidik anak-anaknya.

Kita contohkan bahwa seorang presiden hebatpun pasti memiliki wanita hebat di belakang yang berjuang menunjang keberhasilan dirinya, entah itu seorang ibu atau seorang istrinya. Semua harus kita sadari bahwa dalam menentukan kemajuan suatu bangsa, ternyata dari peran seorang wanitalah semuanya bermula.

Oleh : Hana Setiani

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: